Bersama Murid-Murid Kebanggaanku



Saya menyebut mereka Laskar Benteng, yah mutiara-mutiara kecil dari sebuah desa terpencil di kabupaten maros. Mereka siswa kelas 3 dan kelas 6. Tepatnya di SD Inpres 182 Benteng. Bergurau ria dengan mereka dalam sebuah ruang kelas, dua kelas dalam satu ruangan tanpa sekat.  Anri, irba, ayu, ariska, nandi, arman, hamta dan aldi adalah 8 orang muridku di kelas enam. Sementara di kelas 3 ada nadia, alif, fatma, susi,andika, dan 3 lainnya. Mereka semua (Laskar Benteng) adalah sosok sederhana yang begitu polos. Meski hanya 7 hari megabdi sebagai Pengajar Muda di sekolah mereka, namun kerinduan akan canda tawa serta keriangan mereka sangat terasa. Mereka anak-anak yang hebat. Terbukti saat mereka bisa tampil berkelompok untuk menyatukan suara dalam paduan suara serta lantunan puisi pada sela-sela nyanyian mereka. Semangat mereka yang selalu berkobar ditengah-tengah keterbatasan yang ada.

Oh iya, saya punya satu siswa wanita di kelas 5, namanya DENY. Meskipun saya tidak mengajarnya, namun saya dekat dengannya. Anaknya bertubuh  kecil, lucu. Namun bukan itu yang penting. Yang penting adalah bahwa anak ini tinggal bersama neneknya karena ayah ibunya telah bercarai kemudian masing-masing dari  mereka menikah (lagi) dengan wanita/ laki-laki lain. Sedangkan DENY? Dia dititip ke neneknya dan TIDAK PERNAH dijenguk oleh kedua orang tuanya. Miris bukan? .Deny ini anaknya rajin dan cerdas. Makanya saya bilang ke dia saat hari perpisahan kami  “Deny harus tetap semangat yah, belajar terus, supaya bisa jadi orang hebat”. Seketika Deny Meneteskan air mata di depan saya, diikuti oleh teman-temannya yang lain. Nah, saya kan orangnya MELANKOLIS, Jadi kalo liat orang menagis itu rasanya pengen nangis juga, aduh akhirnya sempat neteskan air mata juga saat siswa-siswaku menatap saya sambil berkaca-kaca. Mereka semua meluk saya. Saya tahu, mereka pasti sayang sama saya, sebagai kakak sekaligus Ibu Guyuunya .. Ehhh

Sekali lagi menjadi pengajar muda di desa Benteng “AMAZING” bersama mereka “MURID-MURID KEBANGGAANKU’.

Murid-Murid SD inpres 182 Benteng

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dandelion, Ilalang, Angin, dan Tuan Matahari

Sembilan Belas Tahun

Kenapa Tak Kau Tanyakan?